PELUANG BISNIS ONLINE DENGAN GOOGLE ADSENCE

KARYA ILMIAH LINGKUNGAN BISNIS

SUKSES BERBISNIS BERMODAL ARTIKEL

 logo amikom terbaru

NAMA       : AZRUL AZWAR

NIM           : 15.11.8514

KELAS      : 15 S1TI 01

 

JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA S1 STMIK AMIKOM

YOGYAKARTA

 

ABSTRACK

Di era melenium ini,  dimana setiap orang  ketergantungan dengan teknologi dan selalu terbubung dengan internet, maka tidak heran banyak orang sekarang lebih suka berbisnis dengan internet sebagai bisnis sampingan bahkan sebagai profesi. Karena tanpa modal sekalipun, bahkan hanya memerlukan keahlian kita semisal kita ahli dalam bidang menulis, reporter, wawancara dan lain-lain, kita dapat memanfaatkan keahlian kita tersebut dengan cara membuat blog dan isinya sesuai dengan selera kita. Untuk berbisnis dengan cara membuat blog kita bisa bekerjasama dengan google adsence. Pada artikel ini akan membahas tentang google adsence, cara mendaftar google adsence dan cara mencairkan uang yang kita peroleh.

ISI

  1. Tentang Google Adsence

Adsense adalah sebuah program yang bisa diikuti oleh siapa saja yang ingin mendapatkan penghasilan uang tambahan dari internet dengan cara memasang iklan Google Adsense pada website atau blog milik Anda.

Isi Iklan Adsense yang nantinya muncul dalam blog Anda akan menyesuaikan dengan isi konten blog anda. Misalnya, jika konten situs Anda membahas tentang mobil atau otomotif, maka kemungkinan besar iklan Adsense yang muncul pun adalah iklan-iklan tentang otomotif. Sistem Google akan men-scan isi blog Anda dan mengirim iklan yang relevan/sesuai.

Banyak blogger yang sudah mendaftar, namun tidak semua diterima menjadi publisher di Google Adsense. Ini karena  website atau blog yang didaftarkan tidak memenuhi kriteria yang diharapkan oleh Google. Pihak Google Adsense menginginkan website/ blog yang menjadi publisher mereka adalah situs-situs yang berkualitas dan memenuhi aturan (TOS) mereka.

  1. Peraturan Adsense
  2. Jangan pernah mengklik iklan Adsense milik anda sendiri.
  3. Jangan pernah menyuruh atau mempengaruhi orang lain untuk mengklik iklan Adsense pada situs anda.
  4. Jangan memasang iklan Adsense pada situs dengan konten ilegal seperti konten dewasa (17+), konten tentang kekerasan, konten tentang hacker dan sejenisnya.
  5. Jangan memasang iklan Adsense pada situs yang tidak memiliki konten (situs kosong).
  1. Cara Mendaftar Google Adsense Agar Cepat Diterima

Keunikan, nilai jual, dan originalitas sebuah website adalah syarat yang sangat penting agar diterima oleh Google Adsense. PPC ini adalah program periklanan yang sama halnya dengan program periklanan lainnya. Mereka tentunya menginginkan website yang menayangkan iklan mereka bisa memberikan promosi atau pemasaran yang baik bagi para pengiklan. Sebenarnya proses mendaftarnya sangat mudah, tapi untuk bisa diterima pada program PPC Google ini, Anda harus memperhatikan beberapa hal penting.

  1. Membuat Konten Yang Unik di Situs Anda

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, originalitas sebuah ide atau konten di dalam website Anda adalah nilai penting bagi Google Adsense. Mereka memperhatikan apakah konten di dalam sebuah website bermanfaat bagi orang lain atau tidak.

  1. Perhatikan Umur Situs Yang Didaftarkan

Sebaiknya jangan terlalu terburu-buru untuk mendaftarkan blog Anda untuk Google Adsense karena mereka memperhatikan umur website, jumlah konten, jumlah pengunjung, page view, dan lain-lain.

  1. Perhatikan Jumlah Konten Di Website/ Blog Anda

Jumlah konten adalah salah satu faktor penting agar diterima di Google Adsense. Saya kurang yakin berapa jumlah konten minimun di dalam sebuah website agar bisa diterima, tapi menurut saya pribadi akan lebih mudah diterima bila website kita memiliki banyak konten.

  1. Gunakan Blog atau YouTube

Jika Anda sudah memiliki domain dan hosting sendiri, maka peluang untuk diterima oleh Google Adsense akan lebih besar, tentunya dengan memperhatikan poin-poin sebelumnya.

  1. Informasi Pendukung

Ada baiknya situs Anda dilengkapi dengan halaman informasi pendukung, misalnya halaman About, Privacy Policy, Kontak, TOS. Ini akan membuat situs Anda terlihat serius dan memperhatikan pengunjung blog Anda.

Konten yang Anda buat tidak harus “luar biasa” agar diterima oleh Google Adsense. Yang terpenting adalah menyajikan konten yang bermanfaat bagi orang lain dan tentunya ditulis dengan cara yang unik, bukan hasil meng-copy konten orang lain. Ada banyak blogger yang memiliki penghasilan rutin dari iklan Google Adsense di blog mereka, mulai dari ratusan hingga ribuan dollar per bulan. Nah, kalau Anda ingin memonitize website/ blog Anda dengan cara memasang iklan, Google Adsense salah satu program PPC yang harus Anda pertimbangkan.

  1. Cara mencairkan penghasilan Adsense

Caranya mudah, jika penghasilan Adsense dalam akun Anda sudah mencapai $100 atau lebih, nantinya akan ada pemberitahuan bahwa penghasilan Anda sudah bisa dicairkan (biasanya diakhir suatu bulan). Pencairan komisi Adsense bisa dicairkan menjadi rupiah di tempat-tempat berlogo Western Union (WU) seperti di berbagai Bank, pegadaian dan kantor pos.

Itulah tutorial Adsense yang bisa saya sampaikan secara umum, jika Anda ingin mendapatkan tutorial Adsense yang lebih lengkap, lebih jelas, dan lebih detail Anda bisa mendapatkannya dalam sebuah ebook tutorial Adsense yang berjudul “Adsense Mentalis”.

 

REFERENSI

http://tutorialadsenses.blogspot.co.id

www.maxmanroe.com

http://www.amikom.ac.id/

 

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s