PELUANG BISNIS DESAIN GRAFIS

KARYA ILMIAH LINGKUNGAN BISNIS

HOBI SEBAGAI PROMOTOR KESUKSESAN

BERBISNIS

 

   logo amikom terbaru

NAMA       : AZRUL AZWAR

NIM           : 15.11.8514

KELAS      : 15 S1TI 01

 

ABSTRAK

Pada zaman yang sangat maju dan ketergantungan dengan teknologi maka tidak heran banyak orang sekarang lebih suka berbisnis dengan internet. Apalagi kita dapat menguasai desain grafis. Dan pada artikel kali ini saya akan lebih membahas tentang peluang bisnis desain grafis yang tepatnya dengan caa mengikuti kontes pada situs 99Designs. 99Designs adalah situs yang mewadahi bebagai kontes desain dari desain logo, web, kaos dan lain-lain tanpa kita harus membayar untuk mengikuti kontes tersebut (gratis). Dalam artikel ini nanti akan diterangkan tentang bagaimana cara membuat account dan tips-tips supaya bisa memenangkan kontes di dalamnya.

ISI

  1. Tentang 99Designs

Sebagai freelancer baru di bidang grafis. Kita seringkali sulit mendapatkan proyek hanya karena minim pengalaman, portfolio yang belum terbangun, dan yang lebih fatal jaringan pertemanan yang masih sedikit. Namun jangan pesimis dulu jika disebut newbie. Karena yang terpenting itu adalah kemampuan kita dalam menangani dan menyelesaikan projek.

Bagaimana cara mendapatkan dollar dari situs 99Designs. 99designs adalah sebuah situs dengan sistem permainannya seperti kompetisi, klien membuka proyek dan desainer yang tertarik bisa mengirimkan desainnya, lalu klien akan memilih desain mana yang paling pas dengan proyeknya tersebut. Pemenangnya memang satu desainer saja dan berpuluh atau bahkan beratus entri desain yang masuk akan terbuang sia-sia tapi menurut saya tidak akan terbuang sia-sia kalau kamu mengerjakannya dengan kesungguhan hati. Karena mungkin desain tersebut bisa menjadi portfolio kamu di kemudian hari. Toh, secara tidak langsung kamu bisa belajar banyak tentang desain di sini.

  1. Cara mendaftar

Baiklah berikut cara mendaftar menjadi desainer grafis di 99 designs

  1. Buka 99designs.com kemudian klik Log in pada kanan atas.
  2. Klik Sign Up.
  3. Isi alamat emain anda dan password (Minimal 6 karakter) pilihlah “I’m a designer” dan juga berilah nama akun anda di kolom Display Name kemudian klik tombol Sign Up.
  4. Klik pojok kanan atas, kemudian account setting untuk mengisi data diri anda seperti nama asli, alamat 1, alamat 2, kota, propinsi, kode pos, negara, nomor telepon, bahasa dan juga untuk mengatur pemberitahuan email.
  5. Buka akun email anda untuk memverifikasi akun 99Designs.

 

  1. Tips Sukses Berbisnis Desain Grafis

Berikut ini adalah cara mengikuti kontes di 99designs :

  1. Memahami Proyek

Jangan tergiur dengan besarnya hadiah yang bisa dimenangkan. Pelajari dulu brief proyek tersebut, lalu pahami dan resapi (membayangkan hasil desain akhir dan lakukan sketsa awal). Pikirkan apakah kamu akan menikmati proyek tersebut atau tidak. Masih banyak proyek lain yang bisa kamu pilih yang sesuai dengan kelebihan dan kesukaan kamu, dibanding kamu tidak enjoy mengerjakannya dan mungkin pada akhirnya tidak memenangkan kompetisi tersebut.

  1. Tinjau Kualitas & Kuantitas Kompetisi

Lihat entri lain (jika memang sudah ada yang mengirimkan), lalu bandingkan dengan konsep kamu sendiri, apakah desain kamu lebih baik, lebih cocok dengan brief klien, lebih rapih, lebih detail?. Anggap saja ini tahap mengukur kemampuan diri kamu sendiri sebelum benar-benar mendesain untuk kompetisi tersebut. Lihat juga sudah ada berapa banyak desain yang dikirimkan. Apakah sudah ada 10, 20, 100 entri? Sudah ada berapa desainer yang mengikuti kompetisi ini?

Jika sudah ada 20+ desainer dan 30+ desain yang sedang ‘bertarung’ lebih baik kamu mencari proyek yang lain. Ingat, waktu adalah uang! jangan buang waktu dengan mengirimkan desain yang mungkin sudah pernah dibuat oleh desainer lain. Pertama, kamu akan dianggap menyontek dan kedua, kamu akan dianggap tidak kreatif oleh klien. Tapi silakan lupakan saran ini jika memang konsep dan desain kamu benar-benar berbeda.

  1. Pelajari Gerak Gerik Klien

Ada salah satu cara belajar dari 99designs, yaitu dengan melihat habit si klien. Apakah klien ini cepat dan sering memberikan umpan balik yang berguna untuk desain-desain yang sudah dikirimkan? Apakah klien ini merupakan tipe yang menghargai kreativitas (mencari desain yang beda dari yang lain)? Atau merupakan tipe klien yang pasif (hanya memberikan rating tanpa umpan balik dan tidak terlalu peduli dengan orisinalitas konsep)?

Jangan lupa tinjau juga latar belakang klien ini. Sudah berapa kompetisi yang dia buka di 99designs? Jika masih baru, cari tahu juga apakah klien ini mungkin individual atau perusahaan yang mengalihdayakan proyek desainnya? Yang terakhir itu bisa dijadikan titik cerah dalam menemukan klien tetap.

  1. Jangan Jadi yang Pertama

Maksudnya adalah, jangan menjadi yang pertama kali mengirimkan entri desain, ditambah jika ide dan desain kamu memang sangat pas dengan brief proyek tersebut. Karena semua member 99designs (desainer & klien) bisa melihat semua desain yang dikirimkan terutama apabila mengikuti 99designs logo kontes, maka tidak heran kalau banyak terjadi plagiat konsep. Bahkan sering ditemukan tata letak dan gaya desain yang sama. (terlebih jika klien tampaknya menyukai salah satu entri desain).

Lebih baik pakai cara “Wait & See”. Tunggu sampai ada 2-5 entri lalu bandingkan dengan desain kamu. Jika memang desain kamu lebih baik dan belum ada yang mirip di antara entri desain yang lain tersebut, then you’re good to go. Selain itu kamu juga bisa mempelajari gerak gerik klien.

  1. Berikan Konsep & Alasan Khusus

Jangan pernah sekali-kali mengirimkan entri desain dengan catatan atau komentar seperti ini : “Hi! this is my entry”, “Hi! hope you like it” atau yang paling parah, tidak memberikan notes sama sekali.

Jadilah yang berbeda dari yang lain, percayalah contoh buruk di atas banyak sekali terjadi (saya juga pernah melakukannya saat pertama kali ikut 99designs, hanya karena malas bercerita sedikit mengenai desain saya), sehingga kalau kita memberikan effort sedikit saja untuk menjelaskan konsep desain kita dengan baik melalui notes maka setidaknya sudah plus di mata klien jika dibandingkan dengan desainer yang lain.

  1. Berkomunikasi dengan Lancar

Balas komentar klien dengan cepat dan baik, perbarui entri desain kamu sesuai sarannya (tenang saja, klien di 99designs kebanyakan mempunyai selera yang lumayan) dan mungkin berikan saran atau masukan untuk klien, diiringi dengan alasan/konsep khusus di balik saran kamu.

Jika kamu sudah melanjutkan proyek melalui surel ( di luar 99designs, hey selamat! 😀 ), komunikasi yang lancar dan cepat merupakan hal mutlak, kalau memang belum sempat membalas/memperbarui, berikan janji kapan kamu akan membalas pesan klien tersebut.

  1. Berikan yang Terbaik!

Selalu! Jangan pernah setengah hati dalam mengerjakan proyek/kompetisi yang kamu ikuti. Ingat, selain hadiah uang, kita juga membangun portfolio. Berikan ide, desain, detail dan komunikasi terbaik yang kamu bisa.

 

REFERENSI

http://www.belajar-desain.com

http://www.ruangfreelance.com

http://www.amikom.ac.id/

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s